Minggu, 24 November 2013

Kumpulan Puisi Anak



 Pak Anwar 

Sebagai sumber inspirasi bagi para siswa untuk mempu menulis puisi, maka berikut ini saya tampilkan PUISI anak. Semoga dapat bermanfaat, Amin





Kumpulan Puisi Anak Sekolah Untuk Ibu


Kau perempuan yang kuat

Tak pernah mengeluh

Bahkan bersedih hati

Sembilan bulan kau mengandung

Tak pernah sedikitpun kau mengeluh


Walau berat menjalaninnya

Kau tak pernah terbebankan

Penuh kesabaran kau merawatku

Penuh kasih sayang kau menjagaku

Kau merawatku

Dari bayi hingga tumbuh dewasa


Dengan penuh perhatian

Dan cinta yang tulus

Kau mendidik aku

Hingga menjadi seperti ini

Tak sepantasnya aku membantahmu

Apalagi sampai melawan


Oh ibu…..

Aku akan selalu sayang

Selalu hormat dan cinta kepadamu

Aku juga akan bakti kepadamu

Ibu..

Kau tak akan aku lupakan

Kau belahan jiwaku


Kasih sayangmu

Akan aku ingat sepanjang hidupku


Kumpulan Puisi Anak Sekolah tentang BINTANG


Bintang yang indah

Kemerlip di langit biru

Di malam yang hening

Teman setia sang rembulan


Hatiku sedih

Bila langit mendung

Ku tak bisa melihatmu

Aku rindu padamu

Bila kau tak tampak di langit biru


Kumpulan Puisi Anak Sekolah Tentang Pak Guru


PAK GURU

Oleh : Triono

Pak guru engkau mengajari kami

dengan kasih sayang kepada kami

engkau membuatku melihat dunia

karena engkau aku menjadi aku

ilmu yang bermanfaat bagiku

Ilmu bermanfaat untuk kehidupan

Lapar dahaga tak kau hiraukan

Panas matahari menyengat kulit

Sebagai rasa yang selalu ada


Berguru Pada Semut

Hitam, merah berjalan merayap

Menyelinap mencari celah

Mencari makan.

Hitam dan merah tak pernah gerah

Menjunjung makanan bersama sama

Membawa masuk ke istana raja.

Berpesta bersama dalam semangat

yang tetap mempesona.



Kemerdekaan Indonesia

Aku bisa tertawa

Aku bisa bergaya

Aku bisa berpesta

Aku bisa tamasya


Karena Indonesia telah merdeka

Kemerdekaan yang mahal harganya

yang tak dapat diukur dengan harta

sekalipun segunung, sepulau bahkan sebenua

Kini kewajibanku sebagai anak bangsa

Belajar tekun untuk membangun bangsa

Agar nanti menjadi negara yang kaya raya


Aku ingin….

Pahlawan yang telah gugur dahulu

dapat tertawa lega melihat anak cucunya bahagia

Mereka dapat tidur nyenyak di sisi-Nya


Bandung Lautan Api

Kami dengar ultimatum bergeming

Mengajak kami bergolak

Mencabik-cabik bumi Bandung Selatan

Letakkan senjatamu

Kumpulkan di tempatku

Kosongkanlah tempat ini

namun kami tidak mau

Pilih..kami akan pilih… berperang

Di ibukotaku periangan

Ibu kotaku kenang-kenangan


Puisi anak Sekolah Tentang IBU

Ita Permata Dewi

Oh Ibu kau segalanya bagiku

kau yang telah mendidik dan membesarkan aku.

jika aku melanggar perkataanmu

berdosalah aku

pepatah mengatakan

surga ada di telapak kaki ibu.


Kumpulan Puisi Anak Sekolah Untuk Sahabat

SAHABAT SEJATIKU

Annisa Sekar Salsabila


Aku sedih, kau menghibur

Aku kecewa, kau membuatku senang

Dan bila aku tak bisa

kau pun mengajari


Sahabat,

Kau bagai malaikat bagiku

Kau bagaikan bidadari untukku

Semua kebajikan ada padamu


Sahabat....

Satu pintaku untukmu

Yaitu janji selalu erat

Tak pernah terpisah,

seumur hidup kita.



MATA SAYA

Bagus Satrio


Saya mempunyai mata

Saya melihat menggunakan mata

Saya melihat apapun benda menggunakan mata

Karena mata, saya bisa melihat

Saya bisa melihat rumah,pohon dan buku

Karena mata,saya bisa membaca buku

Sehingga saya menjadi juara.


Kumpulan Puisi Anak SD

INDONESIAKU

buah karya: Rizal Gandhi


Indonesia negara makmur

Negara kaya budaya

Banyak sekali pulau

Bhinneka Tunggal Ika

Berbeda-beda tetapi tetap satu jua

Inilah negara Indonesia

Rakyatnya berjuta-juta

Indonesia ibu kota Jakarta

Negara yang subur

Itulah negaraku Indonesiaku


KUPU-KUPU AMAT INDAH

buah karya: Muninggar Ferdiana


Warnamu amat indah

Sayapmu penuh dengan warna

Kau terbang mengelilingi awan

Kau yang menghibur diriku

Dengan tubuhmu yang amat indah

Kau hinggap di bunga

Kau selalu ada di pikiranku

Wahai kupu-kupu yang teramat indah

Kala mentari menyengat sayap

Kau tak dapat dihilangkan dari pikiranku



Puisi anak Sekolah Tentang GURUKU

buah karya : Rizal Mustofa


Engkaulah penasehatku

Engkau sangat indah di tatapan mataku

Engkau sangat sabar dalam mengajariku

Engkau mengajariku tiada henti

Kamu adalah yang kusayangi

Jasamu akan kusimpan di dalam hatiku

Namamu akan kuukir di dalam anganku

Engkaulah penyejukku di kalla matahari menyengat

Jasa-jsamu itu sebagai leluhur

Engkau tidak dapat kulupakan

Engkau akan kuingat sepanjang hidupku

Puisi Anak SD/ TK Tentang Pahlawan

PAHLAWAN

buah karya : Singgih Alex Setiawan


Pahlawanku

Kau berjuang demi bangsa dan negara

Kaupun korbankan jiwa dan raga

Pahlawan kau menjadi pelita bangsa

Karena jasamulah bangsa menjadi berjaya

Pahlawan kau kan kuingat selama-lamanya


INDONESIA

buah karya : Akbar Yudha Rahmandani


Indonesia adalah negara yang makmur

Negara yang luas dengan budaya

Indonesia adalah negara yang kaya

Pulau terbentang dari Sabang sampai Merauke

Negara Indonesia mempunyai semboyan

Bhinneka Tunggal Ika

Berbeda-beda tetapi tetap satu jua

Indonesia mempunyai rakyat berjuta-juta

Itulah negaraku Indonesia


KUPU-KUPU

oleh : Rakhman Syeh Mukhlisin


Alangkah elok warnamu

Terbang diantara burung-burung mencari madu

kadang kulihat engkau berayun

diatngai dan daun-daun

atau berkejaran bersama kawanmu

Kupu-kupuku

Alangkah indah semua melihatmu

Dapatkah ku memiliki sayap indah

seperti sayapmu

kau terbang benitu indah

warna kupu-kupu yang indah


PAK GURU

Oleh : Triono


Pak guru engkau mengajari kami

dengan kasih sayang kepada kami

engkau membuatku melihat dunia

karena engkau aku menjadi aku

ilmu yang bermanfaat bagiku

Ilmu bermanfaat untuk kehidupan

Lapar dahaga tak kau hiraukan

Panas matahari menyengat kulit

Sebagai rasa yang selalu ada


KUPU-KUPUKU

Oleh : Ainun

Kupu-kupuku yang indah

Kau amat indah di hatiku

Sepanjang waktu aku melihatmu

Beterbangan di luar

bagiku kau sangat indah

Kau janganlah pergi meninggalkanku

Aku sangat menyayangimu

Kalau engkau pergi aku akan kesepian

Maka kamu jangan pergi meninggalkanku

Aku sangat menyayangimu sepanjang hidupku


Kumpulan Puisi Anak Sekolah AYAH BUNDA

AYAH BUNDA TERSAYANG

Oleh : Gita Triana Dewi


Tanpamu aku tiada di sini

Dan tanpamu aku tidak ada di dunia ini

Saat fajar datang

Pernahkahkau melihatnya

Itu seperti ayah dan bundaku

yang selalu bersinar terang dihatiku

Kumpulan Puisi Tentang Anak SD

Nelayan

Nelayan……….

Tiap malam tanpa lelah

Pergi ke tengah laut lepas

Penuh keberanian

Ombak ganas diarungi

Melepaskan jala

Berharap banyak ikan tertangkap

Pulang di esok hari

Hanya demi sesuap nasi


Kumpulan Puisi Anak Sekolah TK untuk Guru

Guruku…………

Kau pahlawan dalam hidupku

Tanpa lelah dan putus asa

Berjuang mencerdaskan anak bangsa

Guruku…………

Jasamu sungguh mulia

Kini……

Aku bisa berhitung menulis dan membaca

Guruku………..

Terima kasih aku ucapkan

Aku tak bisa membalas

Keikhlasan pengorbananmu

Aku hanya bisa menebus

Dengan setulus doa

Semoga pengorbananmu mendidik anak bangsa

Menjadi amal jariyah yang berharga


Kumpulan Puisi Anak Sekolah SD Tentang Petani


Tiap hari tiada henti

Kau menanam padi

Kerja keras tanpa lelah

Berjemur seharian ditengah sawah

Kau cucurkan keringatmu

Hanya demi padi

Makanan pokok sejuta umat

Tak tampak wajah kecewa

Saat musim panen gagal

Kau tetap tegar dan terus bekerja

Merawat padi itu

Agar tetap hijau

Guyuran hujan pun bukan penghalang

Kau tetap berjuang

Terima kasih petaniku

Atas jasa kau

Aku masih makan nasi


Kumpulan Puisi Anak Sekolah Tentang Alam


Gunung indah menjulang

Air jernih mengalir

Hamparan sawah yang hijau

Alam sejuk mempesona

Itulah kampung halamanku

Dari ufuk timur,di balik bukit itu

Mentari pagi mulai bersinar

Tiupan angin yang sepoi-sepoi

Menemani jalanku disekolah

Suara riang bocah-bocah

Membawa kedamaian kampung halamanku


Kumpulan Puisi Anak Sekolah Tentang Lingkungan

Sampah

Seiring ku melihatmu

Di pasar, kebun bahkan di pinggir jalan

Kau berserakan dimana-mana

Hingga tak enak mata memandang

Seakan-akan tak ada gunanya

Bila kau tak diolah

Sebenarnya banyak manfaatmu

Bisa jadi pupuk bagi petani

Dan

Barang yang berguna

Beraneka ragam jenismu

Dari kertas, plastik, botol, daun

Dan lain sebagainya


Kumpulan Puisi Anak Sekolah Tentang Sahabat


Aku akan selalu membutuhkanmu

Dalam setiap langkahku

Kau selalu ada disampingku

Saat kau sedih maupun senang

Sahabatku…

Tak pernah kau meninggalkanku

Meski aku membuat kau sakit

Oh sahabatku

Kau mendukungku

Kau menyemangatiku

Dalam menjalani hidup ini

Aku tak akan melupakanmu

Walau kini kau telah pergi

Kau akan selalu aku ingat

Dalam lubuk hatiku


Kumpulan Puisi Anak Sekolah Untuk Adik


Kecil dan imut tubuhmu

Lucu dan menggemaskan aku melihatmu

Ingin selalu aku memelukmu

Ingin selalu

Adik janganlah menangis

Kakak selalu menghiburmu

Adik janganlah takut

Kakak selalu menjagamu

Tidurlah adikku sayang

Kakak ada disampingmu

Menyanyikan lagu-lagu merdu

Mengantarmu dalam mimpi indah


Kumpulan Puisi Anak Sekolah Abang Becak


Dengan sandal jepit dan bertopi caping

Kau kayuh becak tua

Dengan keringat bercucuran

Menembus keramaian kota

Setia dan tulus mengantar penumapang

Demi keluarga

Demi sesuap nasi

Kau pahlawan sejati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar